Rangga Aditya Pengin Banggain Orang Tua. Suka Hal Yang Berbau PES

Cara Membuat Tabel di Word

2 min read

Gambar Thumbnail Cara Membuat Tabel di Word

Bingung gimana caranya untuk membuat tabel di Word? Udah berkali – kali cara dimana dan gimana dan masih gak tahu?

Udah, yuk langsung aja ke pembahasan terlengkap dibawah ini cuy. Biar kamu jadi tahu.


Cara Menambahkan Tabel Kosong di Word

Caranya:

  1. Pertama, buka Microsoft Word yang ada di PC/Laptop kamu dan didalamnya kamu pilih dan klik menu Insert.
    Cara ke-1 Menambahkan Tabel Kosong di Word
  2. Selanjutnya, kamu cari dan pilih pada menu Table.
    Cara ke-2 Menambahkan Tabel Kosong di Word
  3. Lalu, akan muncul menu drop-down yang berisi kotak – kotak. Seret kursor mouse kamu dari kotak kiri atas buat pilih jumlah kolom dan baris yang kamu pengin.
  4. Setelah itu, kamu sesuaikan jumlah kotak yang berwarna jingga agar sesuai dengan keinginan kamu.
    Cara ke-3 Menambahkan Tabel Kosong di Word
  5. Kemudian, buat memasukkan teks ke dalam tabel, tempatkan kursor teks di setiap kotak dan baru kamu bisa mulai mengetik.
    Cara ke-4 Menambahkan Tabel Kosong di Word

 

Cara Mengubah Teks yang ada jadi Tabel

Caranya:

  1. Pertama, pilih teks yang akan diubah menjadi tabel di Word. Contoh, seperti gambar di bawah ini.
    Cara ke-1 Mengubah Teks yang ada jadi Tabel
  2. Berikutnya, kamu buka tab Insert dan klik pada opsi Table dan kamu cari dan pilih opsi Convert Text to Table dari menu drop-down table tersebut.
    Cara ke-2 Mengubah Teks yang ada jadi Tabel
  3. Setelah itu, akan muncul sebuah kotak dialog. Pilih salah satu opsi pada bagian Separate text at dan klik pada opsi Tab.
    Cara ke-3 Mengubah Teks yang ada jadi Tabel
  4. Terakhir, kamu klik OK buat menyimpan. Maka kini teks kamu udah tersaji dalam bentuk tabel.
    Cara ke-4 Mengubah Teks yang ada jadi Tabel

 

Cara Memodifikasi Tabel di Word

Ada beberapa pilihan modifikasi, termasuk menambahkan baris atau kolom dan mengubah gaya layout tabel. Berikut penjelasannya dibawah ini.

1. Menambahkan Baris atau Kolom di Word

Caranya:

  1. Pertama, arahkan kursor mouse kamu di luar tabel yang pengin ditambahkan baris atau kolom. Buat Word 2016, klik tanda plus yang muncul seperti pada gambar di bawah.
    Cara ke-1 Menambahkan Baris atau Kolom di Word
  2. Kemudian, maka jadilah sebuah baris atau kolom baru yang ditambahkan ke dalam tabel.
    Cara ke-2 Menambahkan Baris atau Kolom di Word

Atau,

  1. Pertama, klik kanan pada tabel dan pilih Insert buat melihat berbagai pilihan baris dan kolom.
    Cara ke-3 Menambahkan Baris atau Kolom di Word
  2. Selanjutnya, kamu bisa memilih buat menambahkan kolom di kiri atau kanan kotak, serta menambahkan baris di atas atau bawah kotak yang kamu klik.

NOTE: Cara ini yaitu cara satu – satunya buat menambahkan baris atau kolom tabel pada Word 2016 ke bawah.

 

2. Menghapus Baris atau Kolom di Word

Caranya:

  1. Pertama, tempatkan kursor teks di baris atau kolom yang pengin kamu hapus, klik kanan dan pilih Delete Cell.
    Cara Ke-1 Menghapus Baris atau Kolom di Word
  2. Lalu, akan muncul kotak dialog. Kamu bisa memilih Delete entire row buat menghapus satu baris atau Delete entire column buat menghapus satu kolom dan klik OK.
    Cara Ke-2 Menghapus Baris atau Kolom di Word
  3. Maka baris dan kolom di Word akan terhapus.

 

3. Menerapkan Gaya pada Tabel di Word

Caranya:

  1. Pertama, klik kotak mana aja di tabel kamu dan klik tab Design pada ribbon Table Tools.
    Cara ke-1 Menerapkan Gaya pada Tabel di Word
  2. Lalu, kamu cari bagian Table Styles dan klik drop-down More buat melihat daftar lengkap dari gaya – gaya yang tersedia.
    Cara ke-2 Menerapkan Gaya pada Tabel di Word
  3. Selanjutnya, kamu pilih gaya tabel yang diinginkan.
    Cara ke-3 Menerapkan Gaya pada Tabel di Word
  4. Terakhir, maka gaya tabel yang kamu pilih sekarang udah diterapkan di tabel yang kamu pilih.
    Cara ke-4 Menerapkan Gaya pada Tabel di Word

 

4. Mengubah Pilihan Gaya Tabel di Word

Caranya:

  1. Pertama, klik pada kotak mana aja di tabel kamu dan pilih tab Design pada menu bar.
  2. Kemudian, kamu cari dan pilih pada bagian Table Style Options dan centang atau hapus centang dari opsi yang kamu mau.
    Cara ke-1 Mengubah Pilihan Gaya Tabel di Word
  3. Maka, sekarang gaya yang diterapkan pada tabel kamu udah dimodifikasi.

Opsi – opsi yang tersedia akan tergantung pada Tabel Style yang kamua pilih. Jadi, opsi pada bagian Table Style Options bisa jadi memiliki efek yang beda pada tabel.

 

5. Mengatur Border pada Tabel di Word

Apa itu border? Sesuai dengan definisinya dalam Bahasa Indonesia, border yaitu garis yang membatasi kotak – kotak pada tabel.

Cara membuatnya:

  1. Pertama, pilih kotak (atau beberapa kotak) pada tabel yang pengin ditambahkan border.
  2. Setelah itu, pilih tab Design dan pada bagian Borders, sesuaikan Line Style, Line Weight, dan Pen Color sesuai dengan keinginan kamu.
    Cara ke-1 Mengatur Border pada Tabel di Word
  3. Kemudian, kamu klik panah drop-down di bawah Borders. Pilih salah satu jenis border dari menu drop-down yang muncul.
    Cara ke-2 Mengatur Border pada Tabel di Word
  4. Selanjutnya, kamu akan melihat border yang diterapkan pada kotak yang dipilih tadi ditabel.
    Cara ke-3 Mengatur Border pada Tabel di Word

Nah, itu tadi beberapa cara untuk membuat Tabel di Word yang paling mudah dan gak ribet sama sekali. Semoga bisa membantu 😀

Rangga Aditya Pengin Banggain Orang Tua. Suka Hal Yang Berbau PES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *