Laptop Mati Sendiri

Laptop Mati Sendiri

Laptop kamu tiba-tiba mati? Kenapa sih kok kaya gitu? Nah, ada beberapa faktor yang membuat laptop kamu mati sendiri loh.

Pengin tau cara mengatasinya? Yuk coba simak penjelasanku yang ada di bawah ini.


 

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Salah satu hal yang perlu kamu tahu sejak awal yaitu mengenai apa yang jadi faktor laptop mati sendiri, karena itu kena virus atau lainnya.

Cuma aja kamu akan membahas penyebab dari segi perangkat fisik laptop.

 

1. RAM Rusak

Ram Rusak

RAM yang mengalami kerusakan juga jadi salah satu faktor laptop yang tiba-tiba mati sendiri.

Selain itu, terkadang juga akan terjadi masalah lemot yang luar biasa di laptop, walaupun kondisi processor maupun spesifikasi yang lain serta penggunaan aplikasi gak begitu buruk.

Kalo hal ini terjadi, maka mau gak mau kamu harus ganti RAM yang terpasang pada laptop. Agar gak memperburuk kinerja dari RAM itu sendiri.

 

2. Overheat

Overheat

Overheat atau panas berlebihan yang terjadi pada laptop bisa memicu laptop buat mengistirahatkan dirinya sendiri cuy.

Sekarang, perusahan pembuat laptop udah mengatur kalo pada bagian prosesor di rasa panasnya udah berlebihan akan membuat mekanisme shut down otomatis cuy.

Dengan perkembangan processor generasi terbaru ini, kemungkinan masalah semacam ini gak akan terjadi lagi karena tingkat pengelolaan panas semakin dioptimalkan.

Tapi, gak ada salahnya kalo kamu waspada masalah overheating pada laptop, agar bisa memperpanjang masa umur perangkat keras sekaligus mencegah laptop gak bisa hidup.

 

3. Processor Rusak

Processor Rusak

Masalah lain yang bisa menyebabkan laptop tiba-tiba mati sendiriyaitu processor yang mengalami kerusakan.

Wajar, mengingat processor yaitu otak utama dari laptop. Jadi, kalo processor laptop mengalami kerusakan, maka besar kemungkinan laptop akan mati sendiri.

Jadi, kamu harus selalu memperhatikan keadaan processor, lakukan perawatan pada processor agar masa umur laptop jadi panjang.

 

4. Main Board Rusak

Main Board Rusak

Main board yaitu salah satu hardware yang perannya cukup sentral, kejadian seperti ini biasanya ada pada laptop yang udah berumur/lama.

Selain itu, penggunaan secara terus menerus dalam durasi yang terbilang lama juga bisa jadi pemicunya.

Kalo emang benar main board di laptop rusak, aku saranin buat mengganti laptop aja, karena harga main board hampir sama dengan harga satu buah laptop.

 

5. Kehabisan Sumber Daya/Baterai

Kehabisan Sumber Daya

Kehabisan baterai atau pada prinsipnya terputus dari sumber daya listrik, juga bisa jadi pemicu laptop mati sendiri.

Tentu aja tanpa adanya listrik, laptop ataupun perangkat elektronik pada umumnya gak bisa berfungsi atau menyala.

Jadi, buat mengatasi hal tersebut tentu aja kamu harus memberikan sumber daya yang cukup buat laptop bisa berjalan dengan baik cuy.


 

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Setelah tahu beberapa hal penting mengenai penyebab laptop mati dengan sendirinya, maka kamu juga perlu punya wawasan mengenai gimana cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mati sendiri.

 

1. Mengganti Perangkat yang Rusak

Kerusakan processor ataupun kerusakan RAM, hal itu bisa jadi salah satu alasan mengapa laptop bisa mati sendiri.

Jadi, tentu aja cara buat mengatasinya yaitu dengan mengganti atau memperbaiki perangkat tersebut.

Dengan melakukan hal ini, maka kamu bisa memastikan kalo perangkat tersebut bisa berfungsi kembali dengan baik.

 

2. Mengganti Baterai atau Memperbaiki Sumber Daya

Masalah yang menyebabkan laptop mati sendiri yaitu karena sumber daya yang buruk atau karena hilangnya sumber daya listrik yang dimiliki sama laptop.

Jadi, salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengganti baterai atau memperbaiki sumber daya laptop kamu.

Kamu juga perlu memastikan atau mengganti kesehatan charger, slot atau port charger,  konektor baterai, dan juga berbagai masalah lainnya.

 

3. Memperbaiki Sistem Pendingin Laptop

Selain karena sumber daya yang buruk, masalah yang bisa timbul yaitu sistem pendingin laptop yang buruk.

Hal yang perlu dilakukakan yaitu dengan mengganti thermal paste, mengganti heatsink, membersihkan kipas laptop, dan masalah lainnya.

Kalo kamu merasa kesulitan memperbaiki masalah tersebut, mintalah teknisi buat memperbaikinya.

Semoga bermanfaat buat kamu semua 😀

Tentang Rangga Aditya

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *